CPL
|
RUMUSAN
|
BAHAN KAJIAN
|
MATAKULIAH
|
PENGETAHUAN
|
1. Memahami konsep dan teori ilmu-ilmu sosial sebagai sumber materi pembelajaran IPS;
|
1.
Konsep dasar ilmu sejarah 2.
Konsep dasar geografi 3.
Konsep dasar sosiologi 4.
Konsep dasar antropologi budaya 5.
Konsep dasar ilmu ekonomi 6.
Konsep dasar ilmu politik 7.
Proposisi-proposisi ilmu sejarah 8.
Proposisi-proposisi teori ilmu geografi 9.
Proposisi-proposisi teori ilmu sosial dan budaya 10.
Proposisi-proposisi teori ilmu ekonomi 11.
Proposisi-proposisi teori ilmu politik
|
1.
Dasar-dasar sejarah 2.
Dasar-dasar geografi 3.
Dasar-dasar sosiologi 4.
Dasar-dasar antropologi budaya 5.
Dasar-dasar ekonomi 6.
Dasar-dasar ilmu politik 7.
teori sejarah 8.
Teori ilmu geografi 9.
Teori sosial dan budaya 10.
ilmu teori ekonomi 11.
Teori ilmu politik
|
2. Memahami konsep dan teori pedagogik sebagai landasan pedagogik merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPS
|
1.
Konsep dasar ilmu pendidikan 2.
Landasan filosofis pendidikan 3.
Proposisi-proposisi teori pendidikan dan pembelajaran 4.
Kurikulum pendidikan 5.
Isu-isu pendidikan kontemporer
|
1.
Dasar-dasar kependidikan 2.
Filsafat pendidikan IPS 3.
Teori belajar 4.
Kurikulum sekolah 5.
Pendidikan lingkungan 6.
pendidikan transformatif 7.
Pendidikan nilai dan karakter 8.
Pendidikan multikultur 9.
Pembelajaran abad ke-21
|
3.
Memahami pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin sebagai landasan pembelajaran IPS “terpadu”
|
Isu-isu aktual kompleksitas permasalahan pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan politik dalam perubahan dan ruang lingkup lingkup lokal, nasional, regional dan global
|
1.
Kajian kebencanaan 2.
Kajian Kemaritiman 3.
Kajian Ketimpangan Spasial Lingkup Lokal, Nasional, Regional, dan Mondial 4.
Kajian Kewirausahaan, Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan 5.
Kajian Pembangunan Ekonomi, LembagaKeuangan dan Perdagangan 6.
Kajian Pembangunan Politik, Demokrasi dan Hubungan Internasional 7.
Kajian K eberlanjutan dan P erubahan
S osial ,E konomi ,P oli-tik, B udaya 8..Kajian Kebudayaan Lokal
|
4. Memahami prinsip dasar teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat bantu/media pembelajaran IPS
|
1. Pengkodean 2. Literasi teknologi dan informasi
|
Literasi digital
|
5. Memahami konsep metodologi penelitian sosial, pengembangan dan penelitian tindakan kelas
|
1. Masalahpenelitian 2. Teori Landasan 3. Prosedur penelitian kualitatif dan kuantitatif
|
Metode penelitian
|
Pengumpulan data dan analisis data kuantitatif
|
Statistik
|
KETERAMPILAN KHUSUS
|
1. Menyusun perencanaan pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum sekolah
|
Rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai sistem
|
Perencanaan pembelajaran
|
2. rangkuman bahan ajar dan media pembelajaran IPS berbantuan teknologi informasi dan komunikasi
|
1.
Bahan Ajar 2.
Alat bantu /media pembelajaran
|
1.
menghasilkan bahan ajar 2.
Media pembelajaran
|
3.
Mengimplementasikan pembelajaran inovatif berbantuan teknologi informasi dan komunikasi
|
Praktek mengajar
|
1.
Pengenalan lingkungan Persekolahan (PLP) 2.
Komunikasi pedagogik dan edutaiment 3.
Laboratorium IPS 4.
Pembelajaran inovatif 5.
membentuk kepribadian dan sosial 6.
keterampilan dasar mengajar dan pembelajaran mikro
|
4.
Pentingnya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran IPS, menyelesaikan masalah pendidikan IPS dan masyarakat
|
Refleksi pembelajaran
|
Penelitian tindakan kelas
|
5.
evaluasi PIPS untuk mengambil keputusan terhadap perbaikan kualitas pembelajaran IPS, menyelsaikan masalah pendidikan IPS dan masyarakat
|
1.
membuat evaluasi instrumen dan asesmen 2.
Pengolahan dan analisis data asesmen dan evaluasi pembelajaran
|
Evaluasi pembelajaran dan pembelajaran
|
KETERAMPILAN UMUM
|
1. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mendesiminasikan/mempublikasikan
|
1.
Masalah pendidikan ilmu-ilmu sosial dan masyarakat 2.
Laporan penelitian
|
1.
Skripsi 2.
Teknik penulisan karya ilmiah
|
2. pengambilan keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
|
Komunikasi ilmiah
|
SeminarIPS
|
3. membuat jaringan sosial di dalam maupun di luar lembaga; .
|
Partisipasi pembangunan
|
1.
KKN 2.
PLK tematik
|
SIKAP
|
1.
sikap sikap religius
|
Nilai dan norma agama
|
Pendidikan agama
|
2.
menunjukkan sikap nasionalisme, patriotisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Nilai kewarganegaraan dan kebangsaan
|
1.
Pancasila 2.
Pendidikan kewarganegaraan 3.
Bahasa Indonesia
|
3.
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, jujur, disiplin, dan tanggung jawab
|
Nilai-nilai kesehatan, rekreasi, olah raga dan kebugaran
|
Pendidikan jasmani dan kebugaran
|